Pages

Jumat, 11 November 2011

Kandang idaman hamster

     Setiap binatang tentunya memiliki habitat untuk kelangsungan hidupnya. Dan tempat hidup tersebut harus sesuai dengan idaman si binatang. Hal ini tak terkecuali dengan Hamster. Hamster juga memiiki habitat dalam kehidupan alaminya. Namun, karena hamster pada saat ini menjadi hewan peliharaan, manusia pun berusaha membuat habitat buatan yang mirip dengan aslinya. Hamster dapat dipelihara dengan menggunakan kandang. Ada beberapa jenis kandang hamster, tergantung bahan pembuatan kandang tersebut. Antara lain adalah kandang aquarium ( kaca ), 
kayu, plastic, dan kawat anyaman. Bagi pembaca yang masih pemula ( bukannya nyindir.. :p) harus memperhatikan kandang Si Hammy karena hal ini menentukan ketahanan hidupnya. Berikut ini adalah tips memilih kandang hamster…

·         Yang pertama adalah mengenai jenis kandang. Di atas sudah dijelaskan tentang apa saja jenis kandang. Sebenarnya, apapun jenis kandang tidak menjadikan masalah. Itu semua tergantung banyak sedikitnya isi kantong si pembaca. Kesimpulannya semua jenis kandang boleh saja asalkan penting bukan kandang yang mudah digigit hamster. Mengingat ia adalah hewan pengerat.

·         Lalu masalah ukuran. Perlu diperhatikan, jika pembaca memelihara banyak hamster yang umurnya sekitar  kurang dari satu bulan, boleh dimasukan dalam satu kandang. Tetapi apabila sudah berumur lebih dari 2 bulan atau umur kawin sebaiknnya langsung disortir menjadi sepasang-sepasang. Ukuran minimal kandang sepasang adalah sekitar 30x30x30cm.

·         Pilih kandang harus yang alasnya tertutup. Jadi dapat untuk meletakan pasir atau serbuk gergaji kayu. Gunanya untuk menompang kotoran dan pipis si hamster. Sehingga kandangnya tetap kelihatan bersih.

·         Lengkapi kandang dengan rumah-rumahan. Gunanya adalah tempat tidur dan persembunyian. Biasanya ada yang berbentuk pipa, rumah dan terowongan.

·         Jangan lupa membeli Roll.Yaitu lingkaran yang dapat berputar, untuk olahraga si Hamster. Walaupun sepele, roll ini dapat menghindarkan hamster dari obesitas ( kegemukan ) yang dapat menyebabkan kematian.

·         Di dalam kandang harus terdapat tempat minum yang bentuknya seperti dot bayi. Itu dapat mencegah tumpahnya air minum ke kandang.

·         Kalo bisa belilah kandang yang bertingkat. Supaya si Hamster dapat berlarian kesana kemari.

·         Hal yang paling penting adalah satu ini. Yapp.. masalah kebersihan..Pasir atau serbuk kayu harus diganti seminggu sekali. Ingat pepatah di zaman SD kan ?? bersih pangkal sehat.

Sepertinya udah cukup tips-tipsnya, semoga dapat bermanfaat..

Sekian postingan kali ini, nanti jangan luput buat nulis koment..

Salam Hammy

1 komentar:

englishbright mengatakan...

harganya berapa

Posting Komentar